Pages

Monday 10 June 2013

BAHASA INDONESIA 2 #


Di Susun Oleh            :
Ø  Eka Wahyuningsih (12110299)
Ø  Budi Prasojo (11110469)
Ø  Sarinah Fitriah (19110784)
Kelas                           : 3KA08

1.    Baca literatur tentang kalimat efektif dan kesejajaran kata dalam kalimat (literatur bebas dan harus dicantumkan dalam daftar referensi). Cari data melalui majalah dan surat kabar masing-masing sebanyak 5 kalimat. Pilih kalimat yang tidak memperhatikan unsure kesejajaran bentuk kata dalam sebuah kalimat! Ubahlah kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat efektif dengan memperhatikan kesejajaran bentuk kata-katanya.

v  Kalimat Efektif

Ø  Wakil Kapolda Metro Jaya Brigjen Sudjarno sempat mendatangi rumah yang dijadikan pabrik sabu tersebut. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Sehari produksi 500 gram sabu)
Ø  Kepala Dinas Perhubungan (DISHUB) DKI Udar Pristono mengatakan Pemprov DKImemberikan kemudahan bagi kopaja karena manajemen yang dilakukannya sudah baik. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Kopaja AC 602 segera beroperasi).
Ø  Jokowi mengaku mendapatkan sebuah kado yaitu gitar bass beserta tanda tangan dari maestro bass, Trujillo. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Jokowo dapat gitar bas Metallica)
Ø  Banjir juga membuat para pedagang sayur yang biasa keliling Perumahan kepayahan. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Yanuar terpaksa evakuasi ibundanya).
Ø  Dalam khotbahnya itu Paus mengharapkanpemerintah disemua negara mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi dan menanggalkan sistem perbudakan termasuk juga penyelundupan manusia. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Paus kecam sistem ekonomi yang serakah)

v  Kesejajaran Kata dalam Kalimat

Ø  Wakil Kapolda Metro Jaya Brigjen Sudjarno sempat datangi rumah yang dijadikan pabrik sabu tersebut. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Sehari produksi 500 gram sabu)
Ø  Kepala Dinas Perhubungan (DISHUB) DKI Udar Pristono mengatakan Pemprov DKIberi kemudahan bagi kopaja karena manajemen yang dilakukannya sudah baik. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Kopaja AC 602 segera beroperasi).
Ø  Jokowi mengaku dapat sebuah kado yaitu gitar bass beserta tanda tangan dari maestro bass, Trujillo. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Jokowo dapat gitar bas Metallica)
Ø  Banjir juga buat para pedagang sayur yang biasa keliling Perumahan kepayahan. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Yanuar terpaksa evakuasi ibundanya).
Ø  Dalam khotbahnya itu Paus harap pemerintah disemua negara mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi dan menanggalkan sistem perbudakan termasuk juga penyelundupan manusia. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Paus kecam sistem ekonomi yang serakah)

2.    Carilah masing-masing 3 kalimat yang mengutamakan bagian kalimat yang berupa keterangan tempat dan keterangan waktu. Tuliskan sumber kutipannya.

v  Keterangan Tempat

Ø  Di Perumahan Bumi Nasio Indah, warga mulai mengungsikan kendaraan motor mereka sejak selepas magrib. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Yanuar terpaksa evakuasi ibundanya)
Ø  Bocah 13 tahun itu harus dirawat di ICU RS.Siloam, Kebon Jeruk Jakarta, karena menderita tumor otak. (Tabloid Nyata, IV April 2013, Tak ada tanda-tanda sakit berat)
Ø  Rattu Downhill Risa Suseanty (32), tercatat sebagai salah satu penumpang Lion Air yang mengalami kecelakaan di laut dekat Bandara Ngurah Rai, Denpasar Bali. (Tabloid Nyata, IV April 2013, ‘Ratu Downhill’ Risa Suseanty lolos dari kecelakaan Lion Air).

v  Keterangan Waktu

Ø  Setelah dirawat selama 5 hari, jumat (12/4), Steven di izinkan pulang. (Tabloid Nyata, IV April 2013, ‘Ratu Downhill’ Risa Suseanty lolos dari kecelakaan Lion Air).
Ø  Nurjanah mengaku sudah mendaftarkan ke PT KTT untuk ikut umroh sejak oktober 2012. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Nggak sabar ingin berangkat umroh)
Ø  Andhika ditangkap polisi setelah dilaporkan Caca pada 15 desember 2012 ke Polresta Bandar Lampung, Lampung. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Jaksa banding vonis Andhika)

3.    Cari masing-masing 3 kalimat yang menunjukkan urutan peristiwa yang logis, dan 3 kalimat yang menunjukkan penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggap penting. Tulis sumber kutipannya.

v  Kelogisan

Ø  Saking idealisnya, Raline dengan tega menolak bermain sinetron. (Tabloid Nyata, IV April 2013, Jadi orang jahat)
Ø  Susno kabur dari penangkapan kejaksaan karena menolak mematuhi keputusan Mahkamah Agung, yang menolak kasasi dia. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Penangkapan Susno tinggal waktu saja)
Ø  Menurut dia, Susno adalah tipikal orang kelas atas yang kehidupannya tidak jauh dari restoran, bioskop, kantor polisi, atau rumah. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Penangkapan Susno tinggal waktu saja)

v  Penegasan

Ø  Ahok membantah dirinya akan mengambil kebijakan penghapusan bus sekolah. (Koran Warta Kota, juni 3 Mei 2013, Nunggu satu jam bus belum datang juga)
Ø  Kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meliala menyatakan penangkapan terhadap mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Susno Duadji yang sudah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh kejaksaan, tinggal menunggu waktu saja. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Penangkapan Susno tinggal waktu saja)
Ø  Salman adalah warga negara Bahrain mendapatkan 33 dari 46 suara yang diperebutkan untuk mengalahkan Yousof Al serkal dari Uni Emirat Arab yang mendapatkan 6 suara dari wakil Thailand Worawi Makudi yang mendapatkan 7 suara. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Sheikh Salman presiden AFC)

4.    Carilah 5 kalimat yang di dalamnya terdapat pengulangan subjek kalimat yang tidak diperlukan. Salin kalimat itu dan tuliskan sumbernya.

v  Pengulangan Subjek

Ø  Saya khawatir bahwa ketika di periksa, anak saya berada dibawah tekanan dan intimidasi pihak kepolisian. (Tabloid Nyata, III Oktober 2011, Anak ditangkap dan di intimidasi)
Ø  Kini aku telah menemukan tambatan hati, namun aku belum mau menceritakannya. (Tabloid Nyata, III Oktober 2011, Kesempatan itu akhirnya datang juga)
Ø  Dalam kesempatan itu Iwan juga sempat menghimbau agar penggemar Iwan yang tergabung dalam OI (Orang Indonesia) bahu membahu mengumpulkan sampah yang berserakan setelah konser istimewa di Singkawang. (Tabloid Nyata, IV April 2013, Konser Istimewa di singkawang)
Ø  Jika sebelumnya aku menyewa kamar kos yang harganya 100 ribu, setelah main sinetron aku sudah dapat menyewa kamar kos 500 ribu sebulan. (Tabloid Nyata, III Oktober 2011, Kesempatan itu akhirnya datang juga)
Ø  Sementara itu, pengguna ponsel dual on GSM-CDMA kini seperti mempunyai ponsel dengan tiga nomor GSM dan satu nomor CDMA yang bersamaan. (Tabloid Nyata, IV Mei 2013, Tambah nomor kurangi ponsel)

5.    Cari kalimat-kalimat dengan variasi pembukaan:
a.         Frase keterangan tempat
b.         Frase keterangan waktu
c.         Frase keterangan cara
d.         Frase verbum
e.         Partikel penghubung

v  Frase keterangan tempat

Ø  Suasana terminal 2, Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tanggerang selasa sore (16/4) tampak ramai diantara calon penumpang, ada sepasang suami istri yang menjadi sorotan awak media. (Tabloid Nyata, IV April 2013, Satu permintaan khusus)
Ø  Dikantor wakil rakyat itu, mereka diterima perwakilan anggota DPRD kota Bogor untuk melakukan dialog. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Hotel diterminal di protes)

v  Frase keterangan waktu

Ø  Setiap pukul 06.00 pagi, jika lazimnya ibu rumah tangga sibuk memasak untuk keluarga tidak demikian dengan Siti. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Tuhan tunjukkan saya bukan rampok)
Ø  Pukul 23.00, Hasan baru dibawa ke Polrestro Jakarta Pusat. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, tuhan tunjukkan saya bukan rampok)

v  Frase keterangan cara

Ø  Untuk menghindari agar Nala tidak terus menggaruk kulitnya yang gatal, Mona menggendongnya. (Tabloid Nyata, IV April 2013 2013, Stres karena si bungsu alami alergi)
Ø  Salah satu tetangga, Betty Delorey masih ingat ketika Martin melompat pagar rumahnya dan memanjat pohon. (Tabloid Nyata, IV April 2013, No More Hurting People. Peace)

v  Frase verbum

Ø  Dengan teknologi laser tato ditubuh kita akan hilang untuk selamanya. (Tabloid Nyata, III Oktober 2011, Kesempatan itu akhirnya datang juga)
Ø  Yaitu Best Male dan Female Performance untuk Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence. (Tabloid Nyata, IV April 2013, Berjaya di MTV Movie Awards)

v  Partikel penghubung

Ø  Namun, Anita mengingatkan, program belajar untuk anak usia dini, sebaiknya tidak berlebihan atau kurang. (Tabloid Nyata, IV April 2013, memilih playgroup dan TK yang tepat)
Ø  Oleh sebab itu, dalam persiapan menghadapi final ini, Mashudi lebih menekankan kepada anak asuhnya ketenangan dalam bermain. (Koran Warta Kota, jumat 3 Mei 2013, Tim putra Bank Sumsel harap kemenangan di final proliga)

No comments:

Post a Comment