Pages

Rabu, 19 Oktober 2011

Hubungan antar-Budaya


Hubungan antar Budaya adalah Peristiwa yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi antar budaya local, contohnya : antar Budaya Jawa-sunda, Sunda-minang.
Hubungan Tersebut di mungkinkan dikarenakan karena adanya suatu kesatuan / perkelompok manusia yang saling berhubungan dan terjadilah AKULTURASI KEBUDAYAAN dan ASIMILASI KEBUDAYAAN.
1)    Manusia mahluk yang Berbudaya karena memiliki akal, nurani dan Kehendak.
2)    Kebudayaan itu berasal dari bahasa sansekerta yang berartikan Budi dan Akal.
             Kebudayaan adalah hasil dari cipta , rasa , dan karsa manusia.
3)    Manusia dan kebudayaan merupakan dwi tunggal karena keduanya tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain, dimana ada sekelompok manusia/suatu organisasi maka di suatu organisasi/kelompok tersebut akan menghasikan kebudayaan masing-masing.
4)    Kebudayaan sangat berguna bagi masyarakat atau manusia untuk melindungi diri terhadap alam mengatur hubungan antara manusia dan sebagai wadah segenap perasaan manusia.
5)    Kebudayaan yang hidup dan berkembang pada suatu suku bangsa di setiap daerah disebut dengan KEEBUDAYAAN LOKAL.
6)    Hubungan antar budaya dapat terjadi melalui : difusi dan akulturasi (percampuran antara 2 budaya atau lebih yang dapat menghasilkan budaya yg baru dan tanpa meninggalkan budaya yang lama atau sebelumnya).
7)    Unsur-unsur pokok atau inti inti suatu kebudayaan dapat dijumpai pada setiap kebudayaan di dunia maka itu dapat disebut dengan kebudayaan universal (cultural universal).

0 komentar:

Poskan Komentar