Pages

Sunday 18 March 2012

Resume 2 Perilaku Konsumen




Konsumen adalah seseorang yang membeli atau menggunakan barang atau jasa
Dan yang dimaksud dengan perilaku konsumen ialah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang seperti pencarian, pembelian dan penggunanaan barang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

Wujud konsumen dibagi 2 yaitu :
1. Personal Consumer          :  konsumen atau seseorang yang  membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer :   konsumen atau seseorang yang  membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan suatu  organisasi .

Faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen antara lain adalah :

1. Faktor Sosial, yang dibagi menjadi :

 Kelompok

pengaruh keluarga

peran dan status

2. Faktor Personal, yang dibagi menjadi :

Situasi ekonomi

Gaya Hidup

Kepribadian dan Konsep Diri

Umur dan Tahap Siklus Hidup

pendudukan


3. Faktor Psychological, yang dibagi menjadi :

Motivasi

persepsi

belajar

Keyakinan dan Sikap

4. Faktor Cultural, yang dibagi menjadi :
Subculture

Sosial Class

Pendekatan prilaku konsumen dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Teori kardinal
2. Teori ordinal

Menurut saya Prilaku konsumen di Indonesia seperti dibawah ini :
1. Berpikir jangka pendek
2. Tidak terencana
3. Suka berkumpul
4. Gagap teknologi
5. Berorientasi pada konteks
6. Suka buatan luar negeri
7. Beragama
8. Gengsi
9. Budaya lokal
10. Kurang peduli lingkungan

dan menurut pemikiran saya perilaku konsumen dinegara kita ini indonesia bahwa masyarakat lebih banyak menyukai barang produksi dari luar negri atau export dan jarang yang menyukai barang produksi dari dalam negri dan saya sudah melihat lihat barang bahwa lebih banyak label-label mainan atau yang lainnya itu produksi luar seperti cina, jepang , kanada, dll..
sebenarnya indonesia juga mempunyai kualitas produksi barang tetapi harga , kualitas dan kecintaan produksi barang dari negara kita sendiri kurang dicintai oleh konsumen.

No comments:

Post a Comment