Struktur
pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi
dan harga di dalam pasar
Pasar adalah
suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran
(penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan
harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
.Unsur-unsur
struktur pasar meliputi: konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan,
Hambatan masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi. Dalam teori
ekonomi mikro struktur pasar dibagi dalam 4 macam bentuk yaitu :
1. Persaingan sempurna, adalah struktur
pasar mempunyai penjual dan pembeli dalam suatu daerah dalam jumlah yang banyak
dan besar.
Ciri-ciri pokok dari pasar
persaingan sempurna adalah:
- Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
- Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
- Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
- Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
- Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
- Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).
2. Pasar Monopoli adalah struktur
pasar yang hanya mempunyai satu orang
atau tunggal penjualnya.
Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
- hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran;
- tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute);
- produsen memiliki kekuatan menentukan harga; dan
- tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
3. Persaingan monopolistik, adalah struktur
pasar yang hamper mirip dan mungkin sangat mirip dengan persaingan pasar
sempurnayang membedakan bahwa pada pasar
ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaaan pada produknya (
differensiasi produk ) dibandingkan produsen lain
Ciri-ciri dari pasar monopolistik
adalah:
- Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
- Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
- Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
- Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
- Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.
4. Oligopoli, adalah struktur pasar
di mana hanya ada sedikit perusahaan yang mampu memproduksi , dan semua
produksi itu saling mempengaruhi dan bertergantungan pada setiap barang
tersebut maka saling bertergantungan dan membutuhkan.
Ciri-ciri
dari pasar oligopoli adalah:
- Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
- Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman aqua.
- Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
- Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contoh dari produk oligopoli: semen, air mineral.
No comments:
Post a Comment