Pages

Monday, 26 March 2012

resume 4 struktur pasar


Struktur pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
.Unsur-unsur struktur pasar meliputi: konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, Hambatan masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi. Dalam teori ekonomi mikro struktur pasar dibagi dalam 4 macam bentuk yaitu :
1.       Persaingan sempurna, adalah struktur pasar mempunyai penjual dan pembeli dalam suatu daerah dalam jumlah yang banyak dan besar.

Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
  •              Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
  •             Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
  •             Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
  •             Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
  •             Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
  •             Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).


2.       Pasar  Monopoli adalah struktur pasar yang hanya mempunyai satu orang  atau tunggal penjualnya.

 Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
  •   hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran;
  •   tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute);
  •   produsen memiliki kekuatan menentukan harga; dan
  •   tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa    keunggulan perusahaan.


3.       Persaingan monopolistik, adalah struktur pasar yang hamper mirip dan mungkin sangat mirip dengan persaingan pasar sempurnayang membedakan  bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaaan  pada produknya ( differensiasi produk ) dibandingkan produsen lain

       Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:

  •            Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
  •             Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
  •             Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
  •             Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
  •             Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.


4.       Oligopoli, adalah struktur pasar di mana hanya ada sedikit perusahaan yang mampu memproduksi , dan semua produksi itu saling mempengaruhi dan bertergantungan pada setiap barang tersebut maka saling bertergantungan dan membutuhkan.

             Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
  •           Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
  •           Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman aqua.
  •           Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
  •           Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contoh dari produk oligopoli: semen, air mineral.



No comments:

Post a Comment